Senin, 14 Juli 2008

PROYEK
PROPOSAL
SEKOLAH KADER
FORUM KOMUNIKASI PEMUDA DAN PELAJAR SASIIL

A. DASAR PEMIKIRAN
Setiap generasi adalah anak dari zamannya, maka segala bentuk tampilan baik pemikiran, sikap budaya, dan politik yang diperlihatkan merupakan jawaban generasi tersebut terhadap tantangan zaman yang dihadapinya. Dengan demikian, maka generasi Islam yang dilahirkan dan dibesarkan pada saat itu akan memiliki katarestik yang berbeda dengan generasi sebelumnya, yang kesemuanya adalah merupakan jawaban terhadap tantangan zaman yang mereka hadapai.
Maka, setiap anak terlahir dan tumbuh dalam asuhan budaya, dan sebagai anak-anak dari zamannya ada yang memberikan kontribusi pengembangan budaya, namun ada pula yang merusak warisan dan tatanan budaya itu. Dalam kaitan ini, salah satu peran orang tua dan guru adalah bagaimana melatih dan mengantarkan anak-anak asuhnya agar mampu mengembangkan gagasan dan imajinasi secara bebas agar nantinya tidak mati muda.
Kondisi pemuda kepulauan saat ini sedang di ambang kehancuran. Feomena tawuean pemuda antar pulau, prilaku anarkis, narkoba, dan lain sebagainya yang disajikan melalui media massa dan media elektronik telah banyak merusak pola piker dan prilaku mereka. Dengan kata lain, kondisi generasi muda kepulauan berada dalam keadaan memprihatinkan.
Ditambah lagi dengan kondisi bangsa yang tidak menentu. Krisis multidimensi yang menimpa negeri ini sejak tahun 1997 yang silam telah banyak menggerogoti nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Dari krisis pemimpin, krisis moral, krisis kepercayaan dan lain sebagainya telah banyak merusak tatanan kehidupan baik individu maupun kolektif.
Melihat realitas tersebut dan dalam kondisi sekarang ini, kita merindukan dan mengharapkan generasi-generasi muda untuk bangkit dan membawa negeri ini (khususnya kepulauan ini) dari lingkaran setan dengan berbasis intelektual (ilmu pengetahuan), professionalitas, loyalitas dan bertanggung jawab yang siap mengabdi untuk umat dan bangsa.
Seiring bergantinya hari, bulan, tahun dan abad, yang juga diikuti dengan bergantinya setiap generasi menyebabkan diharuskannya tongkat estafet perjuangan untuk disambut dengan semangat profesionalitas yang tinggi. Oleh sebab itu, fungsi kaderisasi merupakan fungsi yang paling pokok. Sebagai generasi yang harus melaksanakan fungsi kaderisasi demi perwujudan kebaikan dan kebahagiaan masyarakat, bangsa dan agama di masa yang akan dating, maka kelompok pemuda harus senantiasa memiliki watak yang progresif (maju), dinamis, dan kreatif.
Berdasarkan hal tersebut di atas, maka kami beriktikad untuk melaksanakan “SEKOLAH KADER” ini sebagai proses pengkaderan dalam rangka menyiapkan calon pemimpin masa depan yang mampu merespon tantangan zaman serta melakukan perubahan-perubahan kepulauan kea rah yang lebih baik.

B. NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama “SEKOLAH KADER” FORUM KOMUNIKASI PEMUDA DAN PELAJAR SASIIL

C. TEMA KEGIATAN
Tema kegiatan ini adalah “MEMBANGUN KADER BERWAWASAN GLOBAL; MEWUJUDKAN KEPEMIMPINAN MASA DEPAN KEPULAUAN”

D. TUJUAN
Optimalisasi potensi kader, terwujudnya pemuda berkualitas, berwawasan luas, dan mampu memposisikan dirinya sebagai generasi islam dan generasi bangsa yang mampu melakukan perubahan di segala sector kehidupan

E. TARGET
Terwujudnya sikap kritis, inovatif, kreatif, progresif, amanah dan bertanggung jawab dalam setiap tindakannya, berkepribadian islami.

F. SASARAN
Pelajar Sasiil dan para pemuda

G .PELAKSANA KEGIATAN
Kegiatan ini dilaksanakan oleh FORUM KOMUNIKSI PEMUDA DAN PELAJAR SASIIL

H. WAKTU DAN TEMPAT
Kegiatan ini akan dilasanakan pada :
Hari :
Tanggal :
Tempat :

I. PESERTA
SEKOLAH KADER insya Allah akan diikuti oleh kurang lebih 50 peserta.

J. SUMBER DANA
Untuk anggaran dana pada kegiatan ini bersumber dari :
1. kontribusi peserta
2. urunan panitia
3. sumber dana lain yang halal dan tidak mengikat
4. sponsorship

K. FASILITAS PESERTA
1. makalah
2. block note
3. sertifikat

L. MATERI
I. kepemudaan
II. wawasan keislaman
III. wawasan keumatan
IV. wawasan kebangsaan
V. kepemimpinan
VI. schedule time (terlampir)

M. SUSUNAN KEPANITIAAN
(terlampir)

N. ANGGARAN KEGIATAN
Biaya yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan sekolah kader FKPPS
Sebesar Rp. 500.000 (sebagai mana terlampir)

O. PENUTUP
Demikian proposal ini dibuat sebagai upaya mensukseskan SEKOLAH KADER FKPPS dengan maksud untuk mendapatkan bantuan dan perhatian dari semua pihak, atas peran serta sumbangannya pada acara ini, kami ucapkan terima kasih.
Akhirnya, semoga semua pihak yang ikut berpartisipasi dalam proses kegiatan “SEKOLAH KADER” FKPPS mendapat ridha Allah SWT dan balasan yang setimpal. Amin yaa rabbal alamin.